Pengembangan Sistem Informasi Kematian Ibu untuk Menurunkan Angka Kematian Ibu di Sumatera Selatan

Pengembangan Sistem Informasi Kematian Ibu untuk Menurunkan Angka Kematian Ibu di Sumatera Selatan

Abstrak

Angka Kematian Iibu Sumatera Selatan tahun 2004 (SUSENAS) adalah 467 sedangkan AKI nasional 307 per 100.000 kelahiran hidup. Berdasarkan laporan yang masuk ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan tahun 2004 tercatat kematian ibu hanya 60 orang dari total kelahiran sejumlah 167.852 orang. Tampak bahwa permasalahan Sumatera Selatan bukan hanya tingginya AKI tetapi sistem informasi kematian ibu yang belum jalan. Untuk mengetahui AKI melalui sebuah survei membutuhkan biaya yang amat besar, sehingga sangat sulit mendapai AKI secara rutin setiap tahun. Untuk itu harus dicari peluang memperoleh AKI melalui pengembangan sistem informasi yang tersedia saat ini. Penelitian ini terdiri dari 2 tahap yaitu: 1) tahap pengumpulan informasi untuk memperoleh data secara mendalam melalui penelitian kualitatif tentang informan kunci dan sistem informasi kematian yang sudah ada dan pelaksanaannya di masyarakat. dan 2) tahap pengembangan sistem informasi kematian ibu. Lokasi penelitian di 3 kabupaten/kota, yaitu: 1)Kabupaten Banyu Asin, 2)Kabupaten OKI, dan 3) Kota Palembang.

Hasilnya dapat disimpulkan: 1)Informan kunci tentang kejadian kematian di masyarakat adalah Ketua RT, 2)Secara formal, telah ada sistem informasi kematian dalam sistem pencatatan dan pelaporan kejadian vital penduduk, 3) 3) Telah dikembangkan sistem informasi kematian ibu yang terintegrasi dengan pencatatan dan pelaporan kejadian vital penduduk dengan sistem cros chek jalur institusi kesehatan serta dilengkapi dengan adanya kelembagaan yang disebut Komite kematian Ibu di tingkat provinsi samai tingkat kecamatan. Disarankan kepada pemerintah daerah dan dinas instansi terkait untuk melakukan uji coba sistem informasi yang telah dihasilkan oleh peneliti.

Untuk informasi lebih lengkap, dapat mengakses link berikut : Tampilan SISTEM INFORMASI KEMATIAN IBU TERINTEGRASI DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN KEPENDUDUKAN SUMATERA SELATAN (sumselprov.go.id)

Kata kunci: Sistem informasi, AKI, kejadian vital penduduk.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *