Pengembangan Model Community Base TB Care dalam Upaya mewujudkan Sumatera Selatan Sehat 2008

Abstrak

Saat ini terdapat tiga negara yang memberi kontribusi terbesar untuk penyakit TB di dunia yaitu India, Cina dan Indonesia (Dep.Kes,1999). Pada tahun 1999 WHO mengestimasi bahwa setiap tahun terjadi 583.000 penderita baru TB dengan kematian karena TB  sekitar 140.000 orang. Setiap empat menit terjadi satu kematian yang diakibatkan oleh penyakit TB di Indonesia (Idris, 2003).

Untuk menanggulangi penyakit TB, WHO telah merekomendasikan penerapan strategi DOTS yang merupakan strategi paling cost effective dan telah terbukti berhasil di beberapa negara. Indonesia telah menerapkan strategi DOTS sejak tahun 1995, namun belum berhasil secara optimal.

Di banyak tempat, dimana masyarakat sulit mendatangi fasilitas kesehatan dan terbatasnya tenaga kesehatan maka perlu dilakukan pendekatan lain diluar seting klinik dan rumah sakit. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah Community Base Approaches, dimana pemerintah bermitra dengan masyarakat. Community Based TB Care telah banyak diterapkan di beberapa negara dengan model yang spesifik daerah tersebut seperti di Philipina, Bangladesh, Haiti, Afrika Selatan, Nepal, Cina dimana berhasil meningkatkan CDR, Angka kepatuhan dan Cure rate (WHO,2003).

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *